Jenis-Jenis Alat Molding Plastik

Jenis Alat Molding Plastik

Jenis Alat molding plastik
Jenis-Jenis Alat Molding Plastik



Alat molding plastik adalah alat yang digunakan untuk membentuk plastik menjadi produk yang diinginkan. Alat molding plastik biasanya terdiri dari dua bagian yang saling bertautan, yaitu cetakan dan pengecoran. Cetakan merupakan bagian yang membentuk produk, sedangkan pengecoran adalah bagian yang menempatkan plastik cair ke dalam cetakan.


Ada beberapa jenis alat molding plastik, antara lain:

  • Injection molding

proses pengecoran plastik cair ke dalam cetakan menggunakan tekanan tinggi. Jenis ini umum digunakan untuk membuat produk-produk yang kompleks, seperti komponen otomotif dan mainan. Injection molding menggunakan tekanan tinggi untuk melelehkan plastik dan memasukkan cairan tersebut ke dalam cetakan, lalu didinginkan hingga mengeras.

  • Blow molding

proses pembentukan plastik yang menggunakan udara bertekanan untuk membentuk produk. Jenis ini umum digunakan untuk membuat produk-produk yang berbentuk tabung, seperti botol plastik. Blow Molding menggunakan udara bertekanan tinggi untuk membentuk plastik yang sudah meleleh menjadi produk berbentuk botol atau wadah.



  • Compression molding

proses pembentukan plastik dengan menempatkan plastik di dalam cetakan dan kemudian memberikan tekanan dan panas untuk membentuk produk. Jenis ini umum digunakan untuk membuat produk-produk yang lebih tebal, seperti alas kursi mobil. Compression Molding menggunakan tekanan tinggi untuk membentuk plastik yang sudah meleleh menjadi produk seperti pegangan pintu, bagian mobil, dan produk lainnya.

  • Rotational molding

proses pembentukan plastik yang menggunakan gerakan rotasi untuk membentuk produk. Jenis ini umum digunakan untuk membuat produk-produk yang besar dan berbentuk kompleks, seperti mainan besar. Rotational Molding menggunakan putaran untuk membentuk plastik yang sudah meleleh menjadi produk seperti mainan, kano, dan produk lain yang berbentuk besar.

  • Extrusion molding

proses pembentukan plastik dengan mendorong plastik cair melalui cetakan untuk membentuk produk. Jenis ini umum digunakan untuk membuat produk-produk yang berbentuk kawat atau pipa, seperti kabel listrik dan pipa air. Extrusion Molding menggunakan mesin ekstrusi untuk melelehkan plastik dan menekan cairan tersebut melalui cetakan yang berbentuk seperti pipa, profil, dan produk lainnya.

jenis alat moulding plastik
Jenis-Jenis Alat Molding Plastik

Pemilihan alat molding plastik tergantung pada jenis produk yang ingin dibuat dan sifat bahan plastik yang digunakan.


Baca juga : Pabrik Injeksi Plastik di Bandung


Lets Make Your Idea Come True !!!!

jika ada pertanyaan boleh hubungi kami 

salam 
MED Manufaktur
 ===================================
Info Lebih Jelas dan Cepat 
Tanya saja Engineer Kami
hubungi kami melaui Whatsapp
0819-1033-0188  /

wa

(dengan klik logo Whatsapp di atas 
anda otomatis kontak admin kami 
tanpa harus save nomer dulu) 
mudah kan..Selamat Berbisnis


===================================


youtube pabrik plastik med manufaktur



===== MED Manufaktur =====
Phone : +62 819 1033 0188
Email : medmanufaktur@gmail.com
Office : Jl. Emung No. 30 Burangrang, Bandung
Workshop : Kebonkopi, Cimahi

Komentar