Pengertian Injeksi Molding Plastik

Injeksi Molding Plastik


terjemahan Bebas dari MED Manufaktur
Alumni Mekanikal Engineering Polman Bandung / PMS-ITB



pengetian injeksi molding plastik


adalah proses pembuatan produk plastik menggunakan cetakan logam ,
yg proses masuk nya bahan plastik nya dengan alat bantu di suntikan kedalam cetakan saat plastik dalam kondisi di atas titik leleh

(Baca juga : Bahan cetakan/molding Plastik injeksi)



asalamualaikum Brader
Semoga kalian dalam kondisi sehat wal Afiat
tulisan saya ini adalah terjemahan bebas dari apa yg saya pelajari langsung di lapangan tentang injeksi molding plastik

selaku Mekanikal Engineering di bidang injeksi molding plastik saya coba ceritakan apa yg saya alami dengan bahasa manusia yg lebih mudah di pahami..hehe

Pada Dasar nya ada sangat banyak metoda dalam pembuatan produk plastik

(Baca juga : macam macam metoda pembuatan produk plastik)

dan injeksi molding plastik adalah salah satunya

mudah2an klo sempet saya bisa jelaskan semua metoda nya..

semoga saya selalu di kasih waktu untuk selalu berbagi dengan anda anda yg masih suka baca tulisan ini..hehe

Tapi saya bahas dulu tentang Injection molding Plastik yg rata rata cukup banyak digunakan .

tapi sangat tidak familiar di banyak masyarakat

ya mungkin karena tingkat kesulitan dalam membuat Molding plastik itu sendiri harus menggunakan Komputer dan sofware yg mahal pula..

tapi sebagai mahasiswa sih bisa aja di akalin software mahal nya..huehehe

maaf ya guys ..kantong mahasiswa..,😁

saya akui untuk membuat molding injeksi yg baik sangan sulit dengan cara DIY atau belajar otodidak

hampir blm saya temui yg orang yg mampu membuat injeksi molding plastik berstandar atau mold yg baik dengan cara otodidak dan DIY

ya karena untuk membuat nya saya sendiri pun perlu 3 tahun di belajar di akademika dan 2 tahun di perusahaan Pembuat Molding injeksi plastik Berstandart

kenapa bolak balik saya bilang berstandart

karena yg DIY dan Otodidak sebetulnya sudah ada yg mencoba tapi produk yg di hasil kan blm ada yg mampu di uji kelayakan nya

misalkan penggunaan molding banyak di otomotif sperti Toyota dan Honda

Para pembuat Moulding injeksi DIY atau Home made atau otodidak hasil nya blm bisa di terima oleh perusahaan berstandart juga

sehingga besar harapan klo indonesia mau memperbanyak sekolah pembuat molding ini

karena yg saya tau baru ada dua akademika yg membuka jutjuru pembuatan molding injeksi plastik ini

yakni di Bandung dan di Solo

sisa nya hanya sekolah permesinan biasa
dan blm ke arah injeksi molding plastik

sedangkan untuk injeksi molding plastik ada banyak kaidah kaidah yg harus di ikuti yg akan sangat berat jika harus melalui trial n error dulu

 pekembangan zaman cukup cepat
jika harus trial n error dulu pada pembuatan molding injeksi plastik akan sangat berat dalam berkompetisi

bahkan saya sebagai salah satu yg sekolah molding injeksi plastik pun saat ini seiring perkenbangan zaman masih harus melakukan inovasi baru dengan trial n error

jadi klo harus start dari awal dalam mempelajari molding injeksi plastik rasanya agak cukup berat

malah habis energi pada proses awal mempelajari Molding injeksi Plastik

(buat yg mau lihat hasil mold berstandar silahkan jalan jalan di blog ini

beberapa sudah saya posting..dan ada juga mold tidak bestandart)

sehingga baik nya jika ingin belajar minimal 2 tahun lah dulu bekerjasama dengan para engineering yg fasih lalu

kedepan nya teman teman bisa membuat injeksi molding plastik sendiri

Atau jika ada kebutuhan produk plastik bisa langsung menghubungi almuni para akademika pembuat injeksi molding plastik










Bahan Cavity/Core injeksi molding Plastik

Cara pembuatan cetakan/molding Plastik injeksi

CNC

Standart Part



Komentar