SETTING RAGUM


SETTING RAGUM

Haaii blogger ...
     Kembali lagi di postingan MED MANUFAKTUR kali ini saya mengeshare setting ragum yang benar dan cepat 
      
   Kalau yang belum mengerti. Apa sih ragum ?


   nah ragum itu ialah alat yang digunakan untuk menjepit benda kerja. Untuk membuka rahang ragum caranya yaitu putar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) maka batang berulir akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut, begitu pula sebaliknya untuk pekerjaan pengikatan benda kerja tangkai pemutar diputar ke arah kanan (searah jarum jam).
         Secara umum Ragum dibagi menjadi 3 yaitu
  1. Ragum biasa. Ragum ini difungsikan untuk menjepit benda kerja yang bentuknya sederhanadan biasanya hanya dipakai untuk mengefrais bidang datar saja.
  2. Ragum berputar. Ragum ini dipakai untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle(poros putar). Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa tetapi pada bagian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar 360 derajat
  3. Ragum universal. Ragum ini memiliki dua sumbu perputaran, sehingga dapat diatur letaknya secara datar dan tegaks

Cara setting ragum 

      Nah cara-cara setting ragum yaitu Periksalah terlebih dahulu ragum dalam kondisi baik dan bersih. Usahakan pemasangan ragum benda di tengah-tengah benda kerja, hal ini bertujuaan untuk mendapatkan  keleluasaan kerja.
 Luruskan lubang baut pengikat agar bertepatan dengan alur meja mesin setelah itu persiapkan senjata utama untuk setting ragum ialah palu dan dial indikator apa sih dial indikator ???? dial indikator adalah salah satu alat ukur yang mengukur kerataan sisi pencekam ragum sehingga dapat diketahui apakah benda tersebut cekung, cembung, rata, dan miring dan dial indikator juga punya ketelitiannya 0,01mm.  Nah bagian-bagian dari dial indikator yaitu:
                                     




                                                         
Setelah mempersiapkan alat setting ragum masukan tangkai dial indikator pada lubang pengunci lalu sentuhkan jarum penunjuk kerataan pada penjepit ragum selanjutnya kencangkansalah satu baut untuk menjadi pusat dial mengukur lalu ukur dengan menggerakan eretan dari baut yang di kencangkan  apabila  pusatnya di kanan menuju ke kiri berarti kalau dialnya berputar searah jarum jam berarti  menonjol ke kiri palu saja bagian kiri perlahan lahan.




Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi para blogger terima kasih sampai jumpa di postingan selanjutnya.....
Penulis       : Muhamad Ridwan
WorkShop : MED MANUFAKTUR << (klik link company profile)
Lokasi        : 
-----------------------------------------------------------
ketahui tentang kami lebih cepat--PROFIL SINGAKAT KAMI
INFO LEBIH LANJUT
AGUNG MED Manufaktur :
PHONE / WHATSSAPP- 081910330188
BBM:  D0FDF3B7

















Komentar